Gunawan's Weblog

Ikon

"Belajar untuk siapa saja, dimana saja dan kapan saja"

Install xubuntu 9.04 alternate di PC PIII

ini nglanjuti artikel yg dulu tentang curhatku tentang install linux xubuntu di PC PIII. Akhirnya setelah mencari informasi tentang informasi yg pas banget untuk migrasi PC Lamaku ke Linux akhirnya berbuah manis.. kini Aku sudah pake Xubuntu versi 9.04 dengan bantuan kawan2 di milis di internet rasanya seneng banget dan hasilnya sukses berat( brp Kilo ya ???$$$E$) …

ini responku pertama kali setelah berhasil install xubuntu 9.04 ;

1. adalah sangat cepat dengan PC kaliber PIII bisa begitu luar biasa dengan fitur-fitur ubuntu terbaru..

2. tampilannya agak beda dengan ubuntu tapi nggak kalah bagus kok..

3. fitur-fitur terbarunya :

4. pokoknya banyak deh coba insatll aja klo k percaya…

Go Open Source!!!!!!!!

Filed under: Ubuntu

Install ubuntu varian di komputer P3

Assalamualakum..

Wah hari ini kayaknya cukup cerah setelah kemarin awan mendung menyelimuti kota sidoarjo… sempan kehujanan di jalan pas keluar sorenya..
dan hari cocok sekali untuk curhat(celoteh dikit kale !!-red) …

langsung aja deh. uda beberapa hari ini aku berencana mo install linux dikomputer lama yg skrang pake jendela itu.. tadinya sech mau tak install ubuntu kayak komputer yg satu lagi (P IV RAM 512) tapi spek minimal ramnya gk kuat maklum cuma 128 mb.. trus pantang nyerah aku cari info2 kira-kira linux apa yg cocok untuk komputer yg satu ini.. akhirnya setelah tanya paman google dapat deh artikel tentang XUBUNTU(apalagi ini ??/ dalam hati… wah ni niru ubuntu.. eh trnyata ini varianya ubuntu juga kayak kubuntu sama edubuntu…, aku coba download aja langsung tanpa pikir panjang.. tgl (7 Mei 2009) pas malamnya pas hari kamis malam lagi ..Serem ya!!! gk juga.. eh pass install kok lama banget sih.. sambil tiduran sambil nunggu pula eh kok gk muncul2 juga akhirnya kediduran deh. bangun2 uda jam 12 malem. tak lihat hasilnya eh malah komputernya layarnya Blank (hitam pekat). langsung aja aku mati’in komputernya dan pindah ke kamar..

esok harinya eh aku coba cari info lagi yg lebih akurat eh ternyata dibebrapa kasus memang xubuntu gk bisa di install dg memori cuma 128Mb.. akhirnya uda dapat solusinya … eh ternyata verinya yg aku download salah. aku downloadnya yg versi desktop harusnya kan yg versi alternate.. hari ni aku uda selesai download dan uda tak bakar di tungku ( eh salah ).. tinggal nunggu ntar klo uda pulang coba install lgi.. do’ain ya biar sukses..

kita lanjut sesi berikutnya untuk hasilnya..

Sekian curhatnya, makasih ya!!

Wass,…..

Filed under: Uncategorized

Setting Awal ubuntu 8.04

Repositori Ubuntu dari Mirror Tercepat

Pilih repositori dari mirror tercepat (lokasinya tidak selalu lebih dekat dengan Anda).

sudo gedit /etc/apt/sources.list

Isi berkas yang Anda edit dengan konfigurasi apt dari mirror yang dipilih.
Berkas: /etc/apt/sources.list

deb http://komo.vlsm.org/ubuntu hardy main restricted universe multiverse
deb http://komo.vlsm.org/ubuntu hardy-updates main restricted universe multiverse
deb http://komo.vlsm.org/ubuntu hardy-security main restricted universe multiverse

Selanjutnya update database repositori.

sudo apt-get update

Catatan: Ketika anda mengikuti tulisan ini, proses update database repositori bisa dilakukan setelah semua repositori anda masukkan ke /etc/apt/sources.list.

Repositori Medibuntu

Repositori Medibuntu adalah repositori yang banyak berisikan aplikasi multimedia untuk Ubuntu. Untuk mengaktifkan repositori ini, sialhkan ambil konfigurasi repositori Medibuntu.

sudo wget http://www.medibuntu.org/sources.list.d/hardy.list -O /etc/apt/sources.list.d/medibuntu.list

Update database repositori, dan install gpg-key medibuntu.

sudo apt-get update && sudo apt-get install medibuntu-keyring && sudo apt-get update

Informasi lebih lengkap bisa dilihat di https://help.ubuntu.com/community/Medibuntu
Membuat Sistem Selalu Up-to-date

sudo apt-get update
sudo apt-get upgrade -s

Lihat paket apa saja yang akan diupdate, jika sudah yakin jalankan perintah selanjutnya

sudo apt-get upgrade

Multimedia
Cara Cepat Instalasi Codec Multimedia dan Plugin Firefox

Pastikan anda sudah mengaktifkan repositori Medibuntu.

sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras w32codecs libdvdcss2

Ubuntu-restricted-extras adalah metapackage. Jika Anda ingin mengetahui paket apa saja yang akan diinstal jalankan perintah:

apt-cache show ubuntu-restricted-extras |grep Recommends

Instalasi Audacious

Aplikasi untuk memainkan berkas-berkas audio seperti mp3, ogg atau mp4.

sudo apt-get install audacious

Instalasi Mplayer Media Player

Instal mplayer media player

sudo apt-get install mplayer

Instal plugin mplayer untuk mozilla

sudo apt-get install mozilla-mplayer

Instalasi VLC Media Player

Instal VLC media player

sudo apt-get install vlc

Instal plugin VLC untuk mozilla

sudo apt-get install mozilla-plugin-vlc

Internet
Instalasi Opera Web Browser

Ambil berkas opera untuk Ubuntu Hardy Heron di http://www.opera.com/download/. Setelah itu di direktori tempat berkas instalasi disimpan jalankan perintah:

sudo dpkg -i <nama_paket>

Contoh, untuk versi 9.51,

sudo dpkg -i opera_9.51.2061.gcc4.qt3_i386.deb

Catatan: Nama berkas kemungkinan berubah, tergantung versi yang Anda unduh saat itu.

Instalasi Skype 2.0

Anda bisa menginstal dari repositori medibuntu (cara setup repositori lihat di bagian paling awal).

sudo apt-get install skype

Instalasi Thunderbid

sudo apt-get install thunderbird

Jika Anda ingin memiliki fitur kalender, instal juga extension lightning.

sudo apt-get install lightning-extension

Filed under: Uncategorized

Open Source Lebih Laku di Warnet Daerah

Jakarta – Dari sekitar 10.000 warung internet (warnet) yang ada di Indonesia, hanya ‘warnet daerah’ yang dianggap banyak menggunakan Open Source. Di daerah, pakai Open Source lebih mudah. Hal itu dikemukakan oleh Irwin Day, Ketua Asosiasi Warnet Indonesia (Awari) di sela-sela konferensi pers kolaborasi Awari dan Dell Indonesia di InterContinental Mid Plaza, Jakarta, Kamis (30/8/2007). Kebanyakan warnet, papar Irwin, masih menggunakan piranti lunak proprietary. “Mereka kecenderungannya masih menggunakan proprietary. Tapi, justru di daerah-daerah yang terlihat lebih banyak menggunakan Open Source,” kata Irwin. Ia mencontohkan di kota Makassar yang menurutnya terdapat warnet Linux pertama di Indonesia. Di kota itu, lanjut Irwin, dari sekitar 50 warnet ada 10 yang menggunakan Open Source. “Ukuran segitu itu lumayan besar untuk penggunaan di warnet,” ujarnya. Irwin beralasan, kota-kota kecil lebih mudah menerapkan Open Source karena masalah kebiasaan dan pengenalan yang lebih dini di sektor pendidikan. “Ini masalah kebiasaan, jadi mereka belum terbiasa menggunakan proprietary,” tukasnya. Di Makassar, ujar Irwin, dunia pendidikan sudah banyak yang mengenalkan Open Source sejak dini. Pengusaha warnet yang ingin menggunakan Open Source jadi lebih berani dan lebih mudah. Sedangkan di Jawa, ujarnya, penggunaan Open Source kurang diterima karena pengenalannya kurang. “Kuncinya ada di pendidikan. Kalau mau jujur, warnet lebih suka pakai Open Source karena lebih murah,” ia menambahkan. ( wsh / wsh ) sumber = http://detik.com

Filed under: Opensource

Saatnya kita merubah kebiasaan membajak

Masih banyak disekitar kita, baik yang sudah lama belajar teknologi informasi maupun yang baru belajar menggunakan Sistem Operasi (Win)atau Aplikasi yang berlisensi namun enggan untuk meligalkannya alias suka dibajak. Dan ironisnya budaya menggunakan Sistem Operasi (win)dan aplikasi ini diajarkan dari generasi ke generasi.

Kita semua yang menyadari semua ini adalah tidak benar dan harus diperbaiki. Kita tidak bisa hanya berpangku tangan melihat semua ini. memang langkah ini tidak mudah. “Namun tidak akan ada berubahan jika kita berani memulai untuk memulainya”. Wah kok jadi penyair gini ya.. He..he..:):):) Maklum memang masih kepikiran pengen jadi penyair :)

OK!!! kita lanjut ke topik kita untuk memulai perubahan ke arah yang lebih baik tentunya. Semua orang juga berharap demikaan kan. Mana da orang yang pengen hidupnya semakin buruk ( Terus Membajak ) :) Kebiasaan ini jangan sampai menjadi budaya karena akan terasa semakin sulit untuk meninggalkannya.

Terus bagaimana solusinya ?????

Saatnya kita beralih menggunakan Free dan Opensouce Software ( FOSS ). karena aplikasi ini berupakan aplikasi FREE berarti bebas dicopy, digandakan, disebarkan, bahkan dimodifikasi sendiri juga bisa.

Aplikasi ini belum membumi dikalangan kita. Alasanya sih belum terbiasa, susah cari tutorialnya yang memadai, susah menggunakannya, susah menggunakannya, belum tau cara mendapatkannya dan lain sebagainya kalo aku fikir kok lalu bisa aja ya buat alasanya. Tapi kalo aku fikir ya alasanya sih sebenarnya sederhana yaitu “MALES BELAJAR!!!” :);)

Filed under: Opensource

test posting blogdesk

Hari ini aku sedang nyoba ngedit WordPress punyaku yang uda gk pernah tak edit. waduh berantakan bget!! He..eh.. (Kok Bangga ya ?????5$%*%)

Harap Maklum ya…!!! Gk sempet nulis di blog soalnya sibuk magang dan mesti nyiapain program sekolah. yaitu buat e-learning mulai dari skrang ni buat club IT sampe nyiapain portal web. untuk club IT idenya sih maunya di kasih materi blog. tapi mesti ada modulnya ni. jadi mesti cari2 dlu tutornya via paman google :) *&&%$

hasilnya uda dapat beberapa artikel yang sesuai dan lumayan lengkap buat modul dampingan meski harus nambahi lagi. Ya tetep juga harus nyusun materinya. Tapi harus tetep semangat walau pusing bukan kepalang soalnya tugas jadi numpuk2 gk karuan2.

ni sekalian tes program blogdesk !!

Filed under: Uncategorized

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.